Booking.com

Sinar Matahari Bermanfaat Turunkan Tekanan Darah


Paparan Sinar Matahari Bagus Buat Kesehatan [Foto: Getty Images]
Jakarta: Sinar matahari memberikan manfaat bagi kesehatan.

Peneliti dari University of Edinburgh di Inggris menunjukkan bahwa manfaat kesehatan jantung dari paparan sinar matahari jauh lebih besar daripada risiko pengembangan kanker kulit.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari paparan sinar matahari.

1. Menurunkan tekanan darah
Penelitian menemukan bahwa terdapat senyawa nitric oxide yang membantu menurunkan tekanan darah dilepaskan ke dalam pembuluh darah ketikat sinar matahari menyentuh kulit. Ini membuktikan bahwa manfaat sinar matahari tak hanya dalam memproduksi vitamin D, namun juga dapat meningkatkan kesehatan dan memperpanjang usia.

2. Meningkatkan kesehatan tulang
Fakta membuktikan bahwa vitamin D menstimulasi kalsium penguatan tulang dan fosfor dalam tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa ada hubungan langsung antara kepadatan tulang dan vitamin D3. Bila Anda memiliki tingkat vitamin D3 lebih tinggi dalam darah, Anda berisiko lebih rendah menderita hampir semua jenis patah tulang.

3. Meningkatkan fungsi otak
Vitamin D baik bagi kesehatan tulang dan sejumlah fungsi tubuh, terutama otak. Studi menemukan bahwa sinar matahari bisa membantu memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus, yang merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk membentuk, mengatur, dan menyimpan memori.

4. Meringankan depresi ringan
Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan gangguan musiman atau seasonal affective disorder (SAD). Paparan sinar matahari meningkatkan kadar antidepresan alami di otak yang benar-benar membantu meringankan depresi ringan dan bentuk depresi lainnya.

5. Meningkatkan kualitas tidur
Ketika mata tersorot matahari, tubuh memproduksi melatonin (hormon yang membuat mengantuk dan membantu tidur). Rendahnya tingkat produksi melatonin di malam hari karena kurangnya paparan matahari di siang hari telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk, terutama pada orang dewasa dan lansia.


6. Mengurangi gejala alzheimer
Penelitian menunjukkan bahwa pasien alzeimer yang terkena paparan sinar matahari mulai pukul 09.00-18.00 memiliki sedikit depresi, mengurangi terjaga di malam hari, dan agitasi ketimbang mereka yang kurang terkena sinar matahari.

7. Menyembuhkan gangguan kulit
Sinar matahari dipercaya menyembuhkan berbagai gangguan kulit seperti jerawat, sporialis, eksim, penyakit kuning dan infeksi kulit lainnya.

8. Meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak
Studi menunjukkan bahwa paparan sinar matahari pada beberapa bulan pertama setelah kelahiran memiliki efek terhadap pertumbuhan bayi. Paparan sinar matahari ringan meningkatkan pertumbuhan tinggi tubuh.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Paparan sinar matahari membuat sel-sel darah putih meningkat. Hal ini tentu saja sangat baik bagi Anda dalam memerangi penyakit dan mempertahankan tubuh dari berbagai infeksi dan sangat membantu sistem kekebalan tubuh.

10. Mengurangi risiko kanker tertentu
Vitamin D yang dihasilkan dari paparan sinar matahari dipercaya mengurangi risiko kanker. Seperti yang Anda tahu, kekurangan vitamin D meningkatkan risiko kanker, terutama kanker payudara dan kanker usus besar. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin D dapat menurunkan 60 persen risiko pengembangan kanker. [Metrotvnews.com]


Comments
Facebook Comments by The Atjeh Care


Top